TAFSIR ALTERNATIF, JIN itu buka wujud selain manusia tapi sifat manusia



QS 6. Al an'am 130:

 


Wahai golongan jin dan manusia! Bukankah sudah datang kepadamu rasul-rasul dari kalanganmu sendiri, mereka menyampaikan ayat-ayat-Ku kepadamu dan memperingatkanmu tentang pertemuan pada hari ini? Mereka menjawab, “(Ya), kami menjadi saksi atas diri kami sendiri.” Tetapi mereka tertipu oleh kehidupan dunia dan mereka telah menjadi saksi atas diri mereka sendiri, bahwa mereka adalah orang-orang kafir.

Perhatikan bagian awal ayat ini “Wahai golongan jin dan manusia! Bukankah sudah datang kepadamu rasul-rasul dari kalanganmu sendiri”

Pertanyaan mendasar; Apakah ada Dallil yang menyebutkan Rasul dari jenis atau golongan Jin?

Sedangkan dallilnya : 

1. Allah itu Maliki nnas. Allah itu Tuhannya manusia.

2. Al Qur'an hudalinnas

3. Semua rosul  yang diutus ke bumi adalah manusia diutus untuk manusia.

4. QS Saba ayat 28: Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad), melainkan kepada semua umat manusia sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

 


QS Saba ayat 28 menyebutkan Rasulullah SAW diutus kepada seluruh manusia. Kenapa bukan Manusia dan Jin?

Kemudian di QS 72  Al jin ayat 1-4: tentang Sekumpulan jin mendengar pembacaan Al-Qur'an yg menakjubkan. Siapakah Jin yang disebutkan dalam ayat ini?

 


1. Katakanlah (Muhammad), “Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin telah mendengarkan (bacaan),” lalu mereka berkata, “Kami telah mendengarkan bacaan yang menakjubkan (Al-Qur'an),

2. (yang) memberi petunjuk kepada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan sesuatu pun dengan Tuhan kami,

3. dan sesungguhnya Mahatinggi keagungan Tuhan kami, Dia tidak beristri dan tidak beranak.”

4. Dan sesungguhnya orang yang bodoh di antara kami dahulu selalu mengucapkan (perkataan) yang melampaui batas terhadap Allah,

Siapakah Jin yang disebutkan dalam ayat ini?

Sekumpulan jin di surat jin adalah sekumpulan pendeta Nasrani yg awalnya berpegang dengan trinitas. Mereka Mengira Allah punya anak dan diperanakkan. Dalam ayat ke-3 ternyata mereka baru tahu bahwa “dan sesungguhnya Mahatinggi keagungan Tuhan kami, Dia tidak beristri dan tidak beranak.”. 

Pertanyaan  yang punya istri dan anak itu manusia dan jin atau manusia saja? Jika jin beranak pinak  seperti manusia mana dallilnya?

Kembali ke keterangan di atas.

Karena: 

1. Allah itu Maliki nnas. Allah itu Tuhannya manusia.

2. Al Qur'an hudalinnas

3. Semua rosul  yang diutus ke bumi adalah manusia diutus untuk manusia.

4. QS Saba ayat 28: QS Saba ayat 28 menyebutkan Rasulullah SAW diutus kepada seluruh manusia

Maka dapat disimpulkan bahwa Jin itu adalah manusia. Manusia itu punya setidaknya 2 sifat. 1) sifat insan/insu dan sifat jin.

Manusia sebagai Insan itu suka lupa, berbuat salah. Insan itu orang umum mudah ditemui sedangkan Jin itu introvert, tersembunyi, gelap. 

Di QS. 6, Surat Al an’am ayat 76 diceritakan tentang JIN IFRIT. Siapakah JIN IFRIT. Jin ifrit itu manusia pejabat di kerajaan Nabi Sulaiman AS

QS Anaml 38-39 disebutkan:

 


Ayat 38: Berkata Sulaiman: "Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri".

Ayat 39: 

Berkata 'Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin: "Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya".

Cerita tentang JIN IFRIT. Apakah JIN IFRIT itu makhluq besar, perkasa, berbulu, bertanduk, bermata merah dan invisible/tidak kasat mata? JIN IFRIT itu manusia. Dia adalah  MALA’U atau Pembesar, orang khusus di sisi Nabi Sulaiman A.S. Mala'u itu Panglima, Jenderal, pembesar, pejabat itu semuanya termasuk golongan JIN yang invisible, Untouchable. Jin = pejabat = sulit ditemui, manusia di belakang layar.

QS. Al An’am 76

 


Ketika malam telah menjadi gelap, dia (Ibrahim) melihat sebuah bintang (lalu) dia berkata, “Inilah Tuhanku.” Maka ketika bintang itu terbenam dia berkata, “Aku tidak suka kepada yang terbenam.”

Dalam ayat ini FALAMMA JANNA ALAIHI LLAIL. Kata JANNA atau JINN itu artinya gelap dan dallil ini menguatkan pendapat bahwa JINN bukan bentuk atau wujud selain manusia tapi sifat manusia yg introvert,  tersembunyi, gelap, sulit dijangkau. Jika dikaitkan dengan QS Anaml 38-39 Jin adalah manusia yg gelap, pejabat yg tak tersentuh atau diketahui masyarakat umum tapi mengendalikan sistem

 QS Arrohman ayat 15:

 


dan Dia menciptakan jin dari nyala api tanpa asap.

Dalam ayat ini disebutkan JINN  jin diciptakan punya sifat mendekati api. Api itu KEMRONGGO atau menyala-nyala. Jika mengikut tafsir bahwa JIN adalah manusia pejabat bisa dikatakan bahwa Sifat pejabat jika dikritik tidak mau dan malah jadi marah karena dikritik.

CATATAN PENTING:

Satu Pendapat yg salah : iblis itu dulunya Malaikat. BANTAHAN: Iblis itu  ya iblis vs Malaikat ya malaikat. IBLIS atau syaithon itu dibuat dari api/NAAR sedangkan Malaikat dicipta dari Nuur atau Cahaya. 


No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..