UIN Salatiga Press Perkuat Pengelola Penerbit Perguruan Tinggi di Mukerda APPTI Jateng-DIY 2024

UIN Salatiga Press dari Universitas Islam Negeri Salatiga memperkuat peran di Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) 2024 di Hotel Noorman Semarang, pada 26-27 September 2024. Kegiatan digelar Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI) Korwil Jateng-DIY. Acara ini mengangkat tema "Peran APPTI sebagai Katalisator Penerbitan Perguruan Tinggi Indonesia." Kegiatan Mukerda 2024 dihadiri berbagai pengelola penerbit perguruan tinggi tanah air, serta mitra kerja baik dari sektor pemerintah maupun swasta.



Dr. Faizal Risdianto, S.S,M.Hum merupakan perwakilan UIN Salatiga Press dan menjadi salah satu peserta yang aktif berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.UIN Salatiga Press telah dikenal sebagai penerbit yang memfasilitasi berbagai karya ilmiah dari dosen-dosen Universitas Islam Negeri Salatiga dalam beragam disiplin ilmu, sekaligus menjadi mercusuar intelektual Islam bagi civitas akademika di Salatiga dan sekitarnya.

Kehadiran UIN Salatiga Press dalam Mukerda 2024 bukan sekadar formalitas, melainkan wujud nyata komitmen untuk mendukung pengembangan publikasi ilmiah dan mendukung proses akreditasi perguruan tinggi. Mukerda 2024 bertujuan untuk mengevaluasi program kerja 2023-2024.

Selain itu, menyusun rencana program untuk periode 2024-2025. Selain itu, kegiatan ini juga berfokus pada penguatan jejaring antar penerbit di wilayah Jawa Tengah dan DIY serta perluasan kerja sama dengan mitra industri dan pemerintah. Dalam sesi diskusi, disepakati beberapa inisiatif penting seperti penyelenggaraan digital marketing untuk penerbit, peningkatan keterampilan pelaku penerbitan, dan rencana pameran buku bersama yang melibatkan anggota APPTI. Sejak 2017, APPTI telah aktif memfasilitasi musyawarah kerja untuk memperkuat peran penerbit perguruan tinggi di Indonesia.

Melalui perumusan kebijakan, termasuk kontribusi dalam UU Perbukuan, APPTI berperan penting dalam proses akreditasi, standardisasi, dan pengembangan kapasitas pelaku penerbitan, seperti penulis, editor, dan layouter. Partisipasi UIN Salatiga Press dalam Mukerda ini memperkuat posisinya sebagai pemain kunci dalam industri penerbitan akademik di Indonesia. Keikutsertaannya dalam kegiatan ini mencerminkan keseriusan untuk terus memajukan kualitas penerbitan di lingkungan akademik dan mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia.

Guru Besar Bidang Sistem Informasi Unika Soegija Pranata, Prof. Ridwan Sanjaya berkesempatan hadir dalam Talkshow “Disrupsi Digital Penerbitan Buku: Peluang dan Tantangan.” Dalam forum tersebut, Prof Ridwan membahas peran teknologi digital dalam mengubah lanskap penerbitan.Ia pun mengajak para penulis perguruan tinggi (PT) untuk tetap beradaptasi terhadap teknologi. Di samping itu juga sambil tetap memperhatikan tantangan persaingan serta isu hak cipta, walaupun peluang aksesibilitas menjadi lebih baik bagi penulis maupun audiens secara global.

Mengusung tema “Peran APPTI sebagai Katalisator Penerbitan Perguruan Tinggi Indonesia,” Mukerda ini bertujuan untuk memperkuat jaringan dan meningkatkan kualitas kerja sama di antara penerbit perguruan tinggi. APPTI, yang didirikan sejak tahun 2017, telah memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan penerbitan dan percetakan di lingkungan perguruan tinggi. Partisipasi aktif APPTI juga tercermin dalam perumusan UU Perbukuan yang memperkuat perannya dalam akreditasi dan standardisasi di bidang penerbitan.

“Tidak hanya membantu UP ( Unit Penerbitan) berkembang, tetapi juga menjadi katalisator untuk mengajak UP lainnya ikut berkembang, memberikan wawasan dan semangat bagi kemajuan APPTI ke depan,” harap Ketua APPTI Jateng & DIY Prof. Dr. Muhammad Irfan Helmy.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Bisnis Unika Soegija Pranata, Dr. R. Probo Y. Nugrahedi menegaskan pentingnya peran penerbit perguruan tinggi sebagai katalisator dalam penyebaran ilmu pengetahuan. Mengatasi menurunnya budaya membaca, Dr. Probo juga mengajak mahasiswa dan dosen untuk ikut kolaborasi dalam menulis.

Pada akhir acara Mukerda 2024 diharapkan mampu mengokohkan peran APPTI sebagai lembaga strategis dalam dunia penerbitan akademik, dengan partisipasi penuh dari seluruh anggota Korwil Jateng dan DIY serta dukungan dari berbagai pemangku kepentingan.





No comments:

Post a Comment

Thanks for your comment...I am looking forward your next visit..